Sabtu, 11 Juli 2009

Humanisme Universal



Ada banyak teori/pemikiran yang sangat revolusioner. Salah satunya Humanisme Universal. Satu Dunia, Satu Bangsa, Bangsa Manusia. Dalam pengertian kasarnya, Humanisme adalah aliran yang tidak sepakat dengan segala bentuk tingkah laku manusia yang tidak memanusiakan manusia lainnya.

SENTIMEN, FANATIK, CHAUVENISTIC. APAKAH ITU PATUT TETAP DILANGGENGGKAN DALAM HIDUP?
PERANG, MENCURI, MENGANIAYA DAN BERBOHONG. APAKAH ITU JUGA PATUT TETAP DIBUDAYAKAN?

TOLONG ANDA BERHENTI DAHULU SELAMA SATU MENIT DAN JAWABLAH PERTANYAAN DIATAS DENGAN NURANI ANDA!

Apapun jawaban dari anda adalah sesuatu jawaban yang telah anda pilih. Hidup adalah pilihan dan anda telah memiih salah satu jalan dalam hidup.

Kita semua manusia, akan hidup bosan jika sebuah komunitas yang berada di planet biru ini berjalan statis. Kedinamisan dalam sebuah masyarakat, tentunya akan membuat orang semakin banyak memiliki impian. Namun dalam dinamisnya hidup, rupanya antara yang baik dan buruk itu tetaplah ada. Dan perselisihan untuk menetapkan mana yang baik dan yang buruk, selalu saja di akhiri dengan apa yang namanya perang. Sekiranya tanpa sadar kita menganut ajaran Herakleitos yang mana kebenaran ditentukan hanya dalam sebuah peperangan.

Setiap masalah yang timbul adalah bagian dari kedinamisan hidup. Jika hidup tanpa masalah, maka hidup tidak dinamis. Jadi, bukan berarti dalam hidup kita harus mencari masalah agar dunia menjadi dinamis. Namun, yang namanya masalah itu tanpa kita mencarinya pasti akan tetap muncul dihadapan kita. Dan kedinamisan hidup hidup akan tumbuh.

Tiap masalah yang tiap hari kian banyak karena sebelum masalah satu terselesaikan, malah lainnya timbul, membuat apa yang namanya manusia terkadang mendapat tekanan. Tekanan ini sering berakibat berdampak negatif. Kalau hanya sebatas manusia dengan manusia dalam satu golongan, masalah akan cepat diselesaikan. Tapi jika menyangkut manusia lintas batas teritorial? Misal, antar negara. Maka permasalahan akan bertambah menjadi besar. Dan pastinya setiap negara akan melindungi warga negaranya. Masalah akan semakin njlimet dan booom. Mungkin juga perang bisa terjadi.

Memanusiakan Manusia

Adalah sebuah hal yang harus ditekankan dalam hidup yakni saling menghargai sesama. Memperlakukan manusia lain selayaknya manusia yang memiliki kodratnya sebagai manusia. Toleransi, dan menghormati pendapat yang lain. Hal ini akan menjadi sangat penting dan berguna jika antar negara sadar bahwa negara lain penduduknya juga manusia. Dan selayaknya bagi negara yang melakukan tindakan tidak manusiawi, harus di kecam dan dilawan.

Hal ini harus dimiliki oleh setiap pemimpin negara yang bersangkutan. Pemimpin yang memiliki jiwa humanis yang dibutuhkan agar dunia menjadi tenteram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Anda Baca Belum Seutuhnya Semperna