Sabtu, 20 Juni 2009

Sahwin: Ojek Penuh Pengan Mistis




Cerita tentang hantu yang populer di beberapa film layar lebar negeri kita memang luar biasa karena menunjukkan ke-ada-an yang tak terkira ada. Cerita hantu itu pun juga sebenarnya setiap daerah di Nusantara ini beragam. Di Maluku khususnya Maluku utara, hantu yang menakutkan dan ditakuti adalah Suwanggi.

Suwanggi adalah sosok makhluk halus yang mana diyakini sebagai manusia yang memiliki ilmu hitam dan bisa berubah wujud. Extrimnya adalah ketika manusia tersebut menginginkan makan, maka dia akan berubah dan perubahannya juga aneh. Kepalanya akan tercabut dan terpisah dari badannya. Setelah itu kepalanya melayang mencari mangsa. gilanya yang dimangsa adalah manusia. biasanya makhluk ini ramai muncul ketika bulan purnama. Keberadaannya biasanya ditandai dengan suara seperti orang bersiul. Hal yang seperti ini masih banyak ditemui di Maluku Utara.

Mistisme dan dunia magic memang terkadang membuat orang merinding dan takut. tapi lain bagi salah satu temanku yang satu ini. Sebagai Tukang ojek yang profesinya sama dengaku ini, dia tak takut dengan apa yang namanya Suwanggi. Bahkan sekali kejadian pernah menimpa ketka kami sedang melakukan kajian rutin FORSAS, dia pergi meninggalkan kami dengan seorang teman perempuan bernama Talhah dengan tujuan membeli tahu isi. Saat duia kembali, di tengah perjalanan tepatnya di daerah Ngade (tempat yang dikenal paling angker) sosok makhluk suwanggi muncul dan menghentikannya. bukannya dia lari dan tancap gas, malahan dia berhenti dan menyambangi suwanggi tersebut. Dia bilang "tunggu dulu, nanti saya balik". setelah itu dia baru tancap gas dan menuju tempat kami melakukan kajian. Sampai di tempat tujuan, dia menurunkan Talhah yang masih ketakutan dan bahkan hampir pingsan. Setelah itu dia langsung tancap gas dan kemabli menghampiri Suwanggi tersebut. Katanya, suwanggi tersebut akan tambah mengejar katika sudah berjanji dengan mereka lalu tidak ditepati.

Cerita berlanjut ketika dia sudah berada di tempat diamana Suwanggi tadi. Suwanggi bertanya apakah mereka berdua yang kencing ditempat dimana Suwanggi istirahat. dan dia berkata jujur bahwa dia dan temannya hanya pergi membeli tahu isi. setelah itu dia kembali ke tampat dimana kami melakukan kajian.

Apa yang Dia bilang mengenai bentuk Suwanggi? Dia jawab ketika kami bertanya padanya bahwa suwanggi tersebut, wajah sebelahnya hancur seperti tertabrak mobil dan sebelahnya masih utuh bahkan cantik.

Lelaki gila yang tidak pernah takut dengan suwanggi ini memang penuh dengan tanda tanya. Kami lebih mengenalnya dengan seorang pembalap jalanan yang penuh dengan magic dan selimut mistis.

Lelaki itu bernama Sahwin Senen. Putra asli Mafa, Gane Timur, Halmahera Selatan. Lelaki yang penuh dengan mistis itu menjadi kawan akrabku ketika kami bergabung dalam komunitas FORSAS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Anda Baca Belum Seutuhnya Semperna